Integrasi Misi Dan Teologi Pentakosta Dalam Pendidikan Agama Kristen: Pendekatan Teologis Dan Pedagogis

Yohanes Nduru, Rita Evimalinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi misi dan teologi Pentakosta dalam Pendidikan Agama Kristen dengan pendekatan teologis dan pedagogis. Gereja Pentakosta memiliki karakteristik misi yang kuat, yang menekankan pengalaman Roh Kudus sebagai landasan pelayanan dan pendidikan. Pendidikan Agama Kristen dalam tradisi Pentakosta tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan teologis, tetapi juga pada transformasi spiritual dan praktik iman. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, penelitian ini mengkaji bagaimana prinsip-prinsip misi Pentakosta dapat diintegrasikan dalam pendidikan agama kristen guna membentuk peserta didik yang memiliki pemahaman teologi yang kuat serta komitmen misioner yang nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan teologis dan pedagogis yang berbasis misi Pentakosta dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan agama kristen, khususnya dalam membangun karakter dan spiritualitas siswa.


Keywords


Misi, Teologi Pentakosta, Pendidikan Agama Kristen, Pedagogi

Full Text:

PDF

References


Betu, Meliani Konda, and Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Misi Kristen: Upaya Aktualisasi Amanat Agung.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 5, no. 1 (2022): 61–70.

Doni. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang Baru.” Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi 2, no. 2 (2024): 196–210.

Eva Saryati Panggabean. “Implementasi Pendidikan Karakter Kristiani Pada Anak Usia Dini: Perspektif, Metode,Dantantangan.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7, no. 1 (2024): 17–30.

Gultom, Mangarimbun. “REAL DIDACHE : Journal of Christian Education.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 17–30.

Halawa, Fatieli, and Sandra R Tapilaha. “Mengembangkan Kematangan Spiritual: Peran PAK Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik.” Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi 2, no. 1 (2024): 248–258.

Hutagaol, Poltak Maruli John Liberty, Charly Nayoan, and Stefanus Kana. “Nilai-Nilai Spiritualitas Pentakosta Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Postmodern.” LOGIA: Jurnal Teologi Pentakosta 5, no. 1 (2023): 141–153.

Isa, Pentakosta, Almasih Gpia, Anugerah Cibinong, and Jawa Barat. “Memperlengkapi Para Pendeta Untuk Jemaat Kecil Di Gereja Pentakosta Isa Almasih (Gpia) Anugerah Cibinong Jawa Barat” (n.d.).

Kerasulan, Pedoman Kogregasi untuk Terekat Hidup Bakti dan Serikat Hidup. “Karunia Kesetiaan Sukacita Ketekunan,” no. 127 (2020): 1–134. https://rumahkwi.direct.quickconnect.to:59518/d/s/rGIGQwj278Q10jQaIAd6EStMFegZfWTV/UEGYaaLYoQSDICAOkBbbzSSWyLVIMrKD-x74AufCWAQo.

Kristen, Agama, and Pendekatan Teologis. “Mengintegrasikan Iman Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan” 4, no. 2 (2024): 156–175.

Lado, Gatsper A. “Peran Gereja Membela Kemanusian Anak Marjinal: Upaya Teologi Transformasi Pelayanan Holistik.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 4, no. 2 (2022): 226–235.

Lumbanraja, Daido Tri Sampurna. “Implikasi Teologis Makna Peristiwa Pentakosta Dalam Kisah Para Rasul 2: 1-13.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 1, no. 1 (2021): 69–82.

Lumbantoruan, Tupa Pebrianti, and Andreas Yonatan Gultom. “Strategi Pembinaan Warga Gereja Untuk Mengembangkan Potensi Pemuda / I,” no. 1 (2025).

Makasengku, Aprianke, Yonathan Y. Mononimbar, and Nikodemus Daryanto. “Dampak Pola Mentoring Terhadap Proses Pembentukan Karakter Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen Di STAK Terpadu Pesat.” MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2022): 27–38.

Malau, Oloria, Masito P Anggini Magdalena, Oktaviani Simbolon, and Junaedi Simorangkir. “Pentingnya Penginjilan Dalam Pelayanan Remaja Di HKBP BERASTAGI.” JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner 2, no. 02 (2024): 206–2013. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/view/353.

Manurung, Pandir, and Ribka Dian Agatha. “Analisis Kritis Mengenai Gerakan Pentakosta Ketiga.” Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2022): 24–45.

Missa, Antoniuus. “Teologi Misi Holistik: Suatu Diskusi Perspektif Alkitabiah.” Indonesia Journal of Religious 5, no. 1 (2022): 17–34.

Mithunayon, Melinda, Noni Indrawati Waruwu, Sekolah Tinggi, Teologi Bethel, and The Way. “Jurnal Pendidikan Agama Kristen Didaxte Implikasi Budaya Dalam Pendidikan Agama Kristen Jurnal Pendidikan Agama Kristen Didaxte” 1, no. Desember (2024): 1–9.

Nadya, Mory. “MENERAPKAN NILAI-NILAI KRISTIANI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI” 7 (2024): 15098–15102.

Ndruru, Yurniman, Gina Glory Septiani, Laia Sekolah, Tinggi Theologi, Injili Arastamar, ( Setia, ) Jakarta, et al. “Pembentukan Karakter Kristen: Implikasi Teologi Terhadap Praktik Pengajaran PAK Yurniman Ndruru Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta” 2, no. 2 (2024): 134–147. https://doi.org/10.61132/tritunggal.v2i2.268.

No, Vol, and Mei Tahun. “In Theos : Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi Mengembangkan Kesadaran Misi Dan Pelayanan Dalam Pendidikan Agama” 4, no. 5 (2024): 157–162.

Norita Yudiet Tompah, M, Th. Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Penilaian Awal, 2022.

Pentakosta, Spiritualitas, Berdasarkan Perspektif, Liturgi Katolik, Darren Milano Wibowo, and Novia Stevani. “Jurnal Pentakosta Indonesia” 04, no. 01 (2024): 15–32.

S., Raja. “The Role of Christian Religious Education in Shaping the Character of the Millenial Generation.” Journal of Christian Education 3, no. 2 (2018): 8–16.

Setiawan, Hanny. “Kajian Epistemologi Pendidikan Kristen Pentakostal Dan Implikasi Pada Gereja Pentakostal-Karismatik Di Indonesia.” Ritornera - Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 1, no. 1 (2021): 65–77.

Simaremare, Tohap Pandapotan. “Penguatan Karakter Religius Melalui Program Kebaktian Di Sekolah Menengah Pertama Kristen Badan Pendidikan Kristen (Smpk Bpk) Penabur Cimahi.” Satya Widya 38, no. 1 (2022): 1–11.

Tainiady, Vicky, Mianto Nugroho Agung, and Encep Syarief Nurdin. “Pelayanan Misi Kontekstual Melalui Pendidikan Nilai Karakter Kristiani Bagi Anak Jalanan Di Kota Bandung.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 9, no. 1 (2024): 148–168.

Tanhidy, Jamin. “Teologi Misi Bagi Gerakan Misi Dan Komunikasi Kristen Pasca Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Kontekstual Indonesia 2, no. 1 (2021): 1.

Yade, Clesi, Oktaria Damanik, and Ordekoria Saragih. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Nilai-Nilai Spiritual Siswa Di Indonesia” 1, no. 1 (2024): 1–9.

Yong, Amos. The Spirit Poured out on All Flesh: Pentecostalism and the Possibility of Global Theology. Baker Academic, 2005.

Zaluchu, Sonny Eli. “Di Dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat,.” Jurnal 4 (2020): 28–38.




DOI: https://doi.org/10.37731/log.v6i2.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 LOGIA: Jurnal Teologi Pentakosta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Logia: Jurnal Teologi Pentakosta has been registered on:

   About the Journal | Prologue: Journal on Language and Literature

View My Stats